Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
DAERAHSpiritual

Sambut Ramadan Warga Desa Keleng Cilacap Gelar Selametan

18
×

Sambut Ramadan Warga Desa Keleng Cilacap Gelar Selametan

Sebarkan artikel ini

 

CILACAP : Menyambut datangnya bulan Ramadan, warga Dusun Sawangan Desa Keleng Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap menggelar selametan atau kenduri di Tempat Spiritual Kemasyarakatan Panembahan Mbah Wirapada, Senin (11/3/2024) sore.

Advertisement
Example 300x600
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kegiatan tersebut merupakan tradisi tahunan yang sudah berlangsung turun temurun dilaksanakan oleh Putra Wayah RKPD Mbah Wirapada, seperti disampaikan Kepala Desa (Kades) Keleng, Arsidi.

Menurutnya, tradisi ini bagian dari kearifan lokal masyarakat Desa Keleng dalam meyambut datangnya bulan Ramadan.

“Merupakan bagian dari kearifan lokal yang dilaksanakan oleh masyarakat kejawen Desa kami, acara adat rutinitas tiap tahun menyambut datangnya bulan Ramadan”, ucap Kades.

Filosofi yang terkandung dalam kegiatan ini, lanjut Arsidi, bahwa kami dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan, agar hati bersih dan suci, diantaranya dengan kegiatan pada hari Minggu kemarin bersih makam leluhur Desa.

Arsidi berharap, sebagai Pemerintahan Desa, akan terjalin kebersamaan warga dalam suasana suka ataupun duka.

“Harapan kami sebagai Pemerintahan Desa, dalam kegiatan ini, disamping sebagai acara rutin tahunan, makna yang terkandung adalah silaturahim kebersamaan warga masyarakat dalam suasana suka ataupun duka dalam menghayati segala hal di Desa kami”, pungkasnya.

Selametan atau kenduri ini sebagai ungkapan rasa syukur warga masyarakat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Kenduri yang diadakan oleh Putra Wayah RKPD Mbah Wirapada, pada Senin sore ini berlangsung di 8 titik termasuk yang dilaksanakan di Tempat Spiritual Kemasyarakatan Panembahan Mbah Wirapada.

Follow Berita Lengkap CMI News di Geoogle News

Example 728x250
Example 120x600