Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
HEALTHJAWA TENGAH

“Cegah Stunting Itu Penting” Rembug Stunting Tingkat Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Tahun 2024

15
×

“Cegah Stunting Itu Penting” Rembug Stunting Tingkat Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

PEMALANG– Sebagai upaya untuk mencegah stunting di Kabupaten Pemalang, Kecamatan Moga menggelar Rembug (Kordinasi) Stunting.

Acara tersebut dihadiri Tim Stunting Kabupaten Pemalang, Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopicam) Kepala Desa Se-Kecamatan moga, tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat Desa, pendamping Desa. Acara digelar di Puskesmas Kecamatan Moga, Kamis (22/2/2024).

Advertisement
Example 300x600
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam acara tersebut, disampaikan pentingnya upaya pencegahan stunting sejak dini, mulai dari masa kehamilan hingga usia 2 tahun. Kegiatan Rembug Stunting ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang, pemberian ASI eksklusif, serta pola makan yang sehat bagi balita.

Menurut Camat moga Umroni SH,MH pada acara tersebut menekankan pentingnya kerjasama antara berbagai pihak dalam mencegah stunting.

Ia juga menegaskan bahwa pencegahan stunting merupakan investasi bagi masa depan bangsa serta menyampaikan capaian Stunting yang menurun di wilayah tugasnya.

“Sukur alhmdulilah Dengan adanya kegiatan Rembug Stunting ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting dan mendorong terciptanya generasi muda yang sehat dan cerdas”, tuturnya.

Kemudian kembali menambahkan Rembug stunting di kecamatan moga di mana dari Rembug stunting ini kita akan melakukan banyak hal terkait usulan-usulan bagaimana mengurangi angka stunting di kecamatan moga yang merupakan masalah strategis yang harus kita tekan bersama, kita bersyukur angka Stunting kita menurun.

“Hal positif tren yang menurun ini kita mohonkan komitmen komitmen dari seluruh stek holder di Kecamatan Moga mulai dari Desa, yang tentunya tidak lepas dari dukungan OPD teknis tingkat Kabupaten agar semua bersinergi mengurangi upaya upaya persoalan Stunting kemudian di harapkan inovasi inovasi di tingkat desa diantaranya bagaimana upaya membuat posyandu menjadi menarik sehingga masyarakat atau anak-anak kita gizinya terjaga terawat kesehatannya sehingga angka Stunting dapat kita tekan”, ucap Umroni menambahkan.

Trend Penurunan Stunting

stunting

Sementara menurut Nara sumber ahli gisi puskesmas Banyumudal Moga Nurjanah S,Gz, memaparkan terkait trend Stunting penurunan presentasi Stunting dari tahun ketahun. Selanjutnya mengenai upaya spesifik pencegahan Stunting di sektor kesehatan kemudian ada harapan dan usulan usulan yang disampaikan,

“Perlu saya sampaikan sebagian besar Desa di kecamatan moga per hari Ini trendnya menurun di angka 2,7% dari tahun 2023, 5% bahkan sampai 10%.
mudah mudahan dengan di adakannya Rembug stunting ini tidak akan muncul kasus kasus Stunting baru di kecamatan moga khususnya, dan kabupaten Pemalang pada umumnya”, ungkapnya kepada media.

Follow Berita Lengkap CMI News di Geoogle News

Example 728x250
Example 120x600