Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
JAWA TENGAHNEWS

Memperingati Hari Donor Darah Sedunia, PMI Kabupaten Pemalang

3
×

Memperingati Hari Donor Darah Sedunia, PMI Kabupaten Pemalang

Sebarkan artikel ini



Advertisement
Example 300x600
Scroll kebawah untuk lihat konten

PEMALANG – Kegiatan donor darah yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia, melampaui target. Dari 200 kantung darah yang ditargetkan, surplus hingga 310 kantung sebelum ditutup pada pukul 14.00 WIB. Jika dijumlahkan dengan sisa pendonor yang ada di Markas PMI, dimungkinkan akan mencapai sekitar 350 kantung darah. Ungkapan tersebut disampaikan Manajer Kualitas PMI Kabupaten Pemalang, dr.Tubagus Cahyo Hutomo, di Markas PMI Kabupaten Pemalang. Rabu ( 14/5/2023 )


Menurut Tubagus, kegiatan donor darah tersebut dilakukan serentak di seluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk di Kabupaten Pemalang pihaknya mengundang beberapa instansi dan sekolah serta masyarakat sekitar untuk hadir meramaikan kegiatan donor darah.


” Pada kegiatan ini target 200 kantung tapi yang sudah terdaftar sekarang 310 kantung. Alhamdulillah semua bisa tercover ,” ujarnya. Dalam kegiatan donor darah itu, PMI Kabupaten Pemalang sudah menyiapkan souvenir untuk para pendonor. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat luas dan menjadi ladang pahala.


Untuk menghindari antrian yang cukup panjang, Tubagus mengatakan, untuk tahun depan mungkin akan dibagi menjadi 2 titik juga kegiatan sosialisasi.


Menyinggung ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Pemalang saat ini, Ia mengatakan stok masih aman dan sudah tercover semua. Permintaan dari rumah sakit di Pemalang maupun di luar Pemalang, masih ada stok dan semua bisa di cover.

” Kebetulan ada peringatan hari donor darah sedunia ini jadi ketambahan stok lagi sehingga kita bisa bantu di kabupaten lainnya, ” tutur Tubagus.

Dikatakannya bahwa kebutuhan donor atau transfusi darah di Kabupaten Pemalang terkadang naik kadang juga turun. Dijelaskan bahwa di Kabupaten Pemalang sendiri sudah mempunyai stok darah yang baik.


Sehingga dapat mencukupi permintaan darah pasien. Kalau stok darah tipis, lanjut Tubagus pihaknya sudah punya paguyuban pendonor darah suka rela yang ada di setiap kecamatan. Sehingga apabila ada pasien yang membutuhkan darah secara langsung bisa cepat yang disebarkan lewat groupnya.


Donor darah, seperti yang diharapkan dapat menjadi salah lifestyle atau gaya hidup yang sehat bagi anak-anak muda sehingga kedepannya dapat menjadi contoh bagi adik-adik kelasnya agar bisa ikut donor darah.


Mengenai manfaat donor darah seperti yang dikatakan Tubagus, sebenarnya banyak sekali, diantaranya adalah tekanan darah bisa stabil, memperkuat daya tahan tubuh dan bisa menenangkan.Karena donor darah mengeluarkan hormon dan hormon tersebut dapat membatu pendonor tenang dan bahagia

Follow Berita Lengkap CMI News di Geoogle News

Example 728x250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *