Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Sumbar, Warga Dihimbau Tetap Tenang

3
×

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Sumbar, Warga Dihimbau Tetap Tenang

Sebarkan artikel ini
gempa magnitudo 5,7 guncang sumbar

Gempa magnitudo (M) 5,7 mengguncang lepas pantai barat Sumatera Barat. Kedalaman gempa ini tergolong dangkal.

Hal ini disampaikan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), via akun resmi media sosial X, Senin (5/2/2024).

Advertisement
Example 300x600
Scroll kebawah untuk lihat konten

Gempa M 5,7 ini berguncang dititik koordinat pusat gempa ada pada 2.14 Lintang Selatan dan 100.39 Bujur Timur, pada pukul 07.52.22 WIB

 

“90 Km tenggara Tuapejat, Sumatera Barat,” tulis BMKG.

Kedalaman pusat gempa adalah 18 km. Kedalaman ini dangkal karena gempa dangkal merupakan gempa dengan pusat berkedalaman kurang dari 60 km dari permukaan bumi.

 

Gempa Bumi Dangkal

Gempa bumi dangkal cenderung lebih merusak ketimbang gempa dalam. “Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis BMKG.

Hingga pukul 08.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Warga diminta untuk tidak panik dengan situasi gempa ini.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Belum ada informasi mengenai korban atau kerusakan bangunan yang ditimbulkan dari gempa M 5,7 di Sumbar itu.

Follow Berita Lengkap CMI News di Geoogle News

Example 728x250
Example 120x600