Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
TNI

Anggota Babinsa, Gelar Pelatihan Dasar Kepemimpinan Kepada Siswa SMAN 1 Belik Pemalang

3
×

Anggota Babinsa, Gelar Pelatihan Dasar Kepemimpinan Kepada Siswa SMAN 1 Belik Pemalang

Sebarkan artikel ini

 

Pemalang – Para siswa pasti mengetahui pentingnya kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement
Example 300x600
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepemimpinan merupakan sebuah bidang riset dan juga suatu keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk “memimpin” atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi.

Kepemimpinan juga dapat membantu seseorang memimpin dirinya sendiri atau bahkan memimpin orang lain, menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, dan sukses.

Namun, bagaimana cara mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang baik ?

Bagaimana cara mengajarkan siswa untuk menjadi pemimpin yang baik, karena itu, pelatihan kepemimpinan dan baris berbaris yang diadakan Anggota Koramil 11/Belik menjadi hal yang penting.

Serma Kusnendar dan Serka Yosrizal Lerebulan bersama dengan Komcad Irfan tiba di Sekolah Alam Gunung Mendelem (SAGUM), untuk melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Baris Berbaris, pada Rabu, 13 Desember 2023.

Sebanyak 75 Siswa/i sekolah SMAN 1 Belik, antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang di pandu oleh dua anggota Koramil 11/ Belik.

Pada kesempatan itu, Serma Kusnendar selaku ketua pelatihan. Ia juga memperkenalkan program, serta memberikan motivasi untuk para siswa.

Bertujuan untuk meningkatkan ke- Egoisan diri dan belajar bersama untuk menjadi pemimpin yang sukses di masa depan nanti.

Sementar itu, Serka Yosrizal Lerebulan dan Komcad Irfan memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang kegiatan latihan.

Di mulai pelatihan pertama seperti, Manuver baris-berbaris, yang merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pelajar.

Diana para siswa di instruksikan untuk baris – berbaris dengan rapi dan disiplin, serta diharapkan untuk memahami pentingnya kerja sama yang kuat antara anggota tim.

Setelah beberapa waktu, tingkat kesulitan latihan ditingkatkan dengan memerintahkan siswa untuk bergerak dengan cepat dan menerapkan formasi yang berbeda-beda dan dilanjutkan pembelajaran tentang kepemimpinan.

Serma Kusnendar dan Serka Yosrizal Lerebulan menjelaskan ” Bahwa ada berbagai macam kepemimpinan dan memperkenalkan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.”

Kemudian, mereka memberikan contoh-percontohan mengenai situasi yang membutuhkan kepemimpinan, bagaimana cara mengambil sikap yang tepat, dan memimpin tindakan bersama.

Selama pelatihan, para siswa diharapkan untuk belajar membangun hubungan dengan anggota tim, menghargai peran dan kontribusi masing-masing anggota, serta membangun sikap yang konsisten dengan nilai-nilai positif.

Siswa juga diajarkan untuk mengembangkan kemampuan memotivasi diri sendiri dan orang lain, menyusun tujuan, dan merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Acara pelatihan berlangsung selama tiga jam dan diakhiri dengan permainan estafet. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk menyelesaikan serangkaian tantangan dengan saling membantu satu sama lain.

Dalam permainan ini, semua keterampilan kepemimpinan dan kerja tim ditantang untuk diuji, sambil mempromosikan semangat persahabatan dan kerjasama yang baik.

Pelatihan latihan dasar kepemimpinan dan baris berbaris ini merupakan sebuah pengalaman berharga bagi para siswa SMAN 1 Belik.

Mereka belajar tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan bagaimana mengembangkan keterampilan dasar baris-berbaris.

Para siswa diperkenalkan dengan nilai-nilai penting seperti kerja sama, disiplin, dan harga diri.

Semoga pelatihan ini dapat memotivasi para siswa untuk terus berkembang dalam memimpin diri sendiri dan orang lain, serta membangun sebuah masyarakat yang lebih baik dan sehat.

Follow Berita Lengkap CMI News di Geoogle News

Example 728x250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *